Membangkitkan Karang Taruna

KARANG Taruna sebagai organisasi sosial yang mewadahi pengembangan generasi muda harus tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda.

            Keberadaan karang taruna merupakan potensi yang besar dalam proses perwujudan masyarakat yang berkesejahteraan sosial, sayangnya berbagai permasalahan internal dan eksternal diantaranya kemampuan manajemen organisasi dan profesionalitas penyelenggaraaan usaha kesejahteraan sosial masih masih sering melanda organisasi yang lahir sejak tahun 1960-an ini.

            Permasalahan tersebut diungkap, dikaji, dan didiskusikan dalam sebuah Lokakarya bertajuk ‘Pemberdayaan Pemuda’, Senin 19 Mei, yang diselenggarakan Karang Taruna Jatinangor bertempat  di Gedung Kopertis, Jatinangor.

            Acara yang bertujuan untuk memperingati satu  abad atau seratus tahun hari kebangkitan nasional ini  diikuti anggota karang taruna desa dan kelurahan seluruh Kabupaten Sumedang.

            Lokakarya selama dua hari ini menghadirkan beberapa orang pembicara yaitu  Arwandi Nopyan Sugiarto Kabag Kepemudaan Dinas Sosial Pemkab Sumedang, Kepala Dinas Pendidikan Sumedang, Ahmad Kusnadi,  Kasi Pemerintahan Kecamatan Jatinangor, Dedi Mulyadi, Ketua DPRD Sumedang Taufiq Gunawansyah, dan  akademisi Dekan Hukum Universitas Pasundan (Unpas) Dr Subarsyah.

            Menurut Arwandi, karang taruna seharusnya dapat diakui oleh siapapun sebagai organisasi yang berdaya guna dan bergengsi. ”Dengan mengikuti karang taruna, pemuda jadi kreatif dan mampu berusaha sendiri,” kata Arwandi yang menegaskan bahwa karang taruna seharusnya mampu menjadi entrepreneurship atau wirausahawan.

            Ketua Karang Taruna Jatinangor,  Deden Doni H mengatakan, pemberdayaan karang taruna atau pemuda bertujuan untuk mewujudkan karang taruna sebagai organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang dinamis, yang memiliki kemampuan bersama-sama dengan komponen masyarakat lainnya menanggulangi bebagai masalah terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabulitatif, maupun pengembangan sumber daya manusia di lingkungannya.

            Arwandi juga menyebutkan terdapat indikator pencapaian tujuan pemberdayaan penuda, diantaranya program dan kegiatan karang taruna dapat memberi manfaat besar bagi generasi muda khususnya dan masyarakat umum di lingkungannya.

Program dan kegiatan belangsung secara berkesinambungan, tidak sporadis, dan lebih berfungsi kepada usaha keswadayaan.

            Program dan kegiatan karang taruna, terang Arwandi, harus melibatkan sejumlah besar generasi muda dan masyarakat lingkungannya dalam suasana kebersamaan dan kesetiakawanan sosial sehingga dapat memperoleh kredibilitas yang tinggi dan keberadaannya dibutuhkan dan dipercaya oleh generasi muda dan masyakarat di lingkungannya.

            Acara yang diisi oleh berbagai kegiatan diskusi ini menghasilkan beberapa komitmen dan kesepakatan bahwa karang taruna akan berupaya keras mewujudkan cita-cita nasional yaitu mencerdaskan bangsa melalui karya cipta yang maksimal dari setiap individunya.

            Kesimpulan komitmennya, karang taruna harus dapat meningkatkan intensitas dan kualitas sosialisasi melalui kegiatan penyuluhan dan bimbingan sosial serta publikasi berbagai kegiatan, peningkatan pendidikan dan pelatihan bagi pengurus maupun aktivis karang taruna dalam bidang manajemen organisasi, keterampilan usaha kesejahteraan sosial dan usaha ekonomis produktif, kepemimpinan, dan kaderisasi serta keterampilan teknis, dan pemberian penghargaan kepada karang taruna yang memiliki prestasi dan penghargaan kepada pembina umum yang banyak memberikan perhatian tehadap perkembangan karang taruna di kecamatan, desa dan kelurahan masing-masing.

 

Vera Suciati

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: