Lebih Pintar Dengan Posyandu

POSYANDU Durian di Lingkungan Cipeuteuy, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara  memiliki program unggulan, Bina Keluarga Balita dan Kesiapan Masuk Sekolah (BKB Kemas).

                Program berskala nasional yang digulirkan oleh Dinas Kependudukan, KB, dan Capil bekerjasama dengan PKK ini ditujukan untuk mempersiapkan dan membentuk sebuah keluarga yang kokoh. Unggulnya program tersebut, membuat posyandu Durian terpililih oleh tim penggerak PKK Sumedang untuk diikutsertakan dalam penilaian Lomba Ketahanan Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Barat, akhir Maret lalu, khususnya dalam bidang program BKB Kemas.

                Ketua Posyandu Durian, Ny Juhaeni Subandi mengatakan bahwa program yang merupakan program terbaik dan berjalan sukses di Posyandu Durian ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan pembinaan kepada orangtua dalam mendidik, mengajar, dan memperlakukan anak-anak di usia pra sekolah dan balita agar anak-anak memiliki motivasi dan semangat yang baik ketika pada waktunya harus belajar dan bersosialisasi di lembaga sekolah.

                BKB Kemas di Posyandu ini sudah berjalan selama dua tahun dengan sarana dan fasilitas yang cukup memadai dan diikuti oleh sekitar 25 orang ibu. Ibu-ibu ini mempunyai tugas penting dalam membentuk ketahanan keluarga demi regenerasi yang unggul. Materi-materi yang diberikan dalam program ini diantaranya bidang psikologi pendidikan.

                Selain itu, program ini juga ditujukan kepada anak-anak usia 5-6 tahun dengan mengikuti Pendidikan Anak Usia Dasar (PAUD). PAUD yang diselenggarakan di posyandu Durian kini diikutioleh 40 orang anak.

                Ny. Juhaeni mengungkapkan bahwa program-program yang ada di posyandunya sangat bermanfaat bagi warga di sekitarnya. “Kami menjadi benar-benar pintar dan berwawasan luas dengan segala kegiatan yang diadakan di posyandu terutama BKB Kemas,” kata Ny. Juhaeni yang bekerjasama beserta 11 kader posyandu lainnya.

                Tim Penilai Provinsi ketika sedang melakukan pemantauan dan penilaian kepada kader Posyandu Durian mengatakan bahwa program yang diterapkan di posyandu merupakan upaya terbaik karena dapat menyentuh kepada masyarakat. “Kami melakukan pendekatan kepada posyandu untuk memaksimalkan pencapaian dengan pengawasan yang dapat dengan mudah dilakukan oleh pihak terkait seperti Dinas KB dan Tim Penggerak PKK Kabupaten,” kata Ny. Wachyu, Ketua Tim Rombongan Penilai.

                Kepala Dinas Kependudukan, KB, dan Capil, drg Agus Rasjidi yang menerima rombongan mengutarakan kebanggaannya terhadap seluruh kader KB dan PKK yang telah dapat bekerjasama membantu meningkatkan kualitas keluarga di Sumedang.

“Dari kualitas keluarga yang bagus dapat tercipta sumber daya manusia yang berkualitas,” kata  Agus.

 

Vera Suciati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: