KPU Bahas PAW

Tiga Anggota Fraksi Golkar

PANITIA Musyawarah (Panmus) DPRD tuntas membahas permohonan  Partai Golkar yang mengajukan recall tiga anggota DPRD yang telah diberhentikan dari partai berlambang pohon beringin ini.

      Pemberhentian tiga kader dari anggota Golkar menyusul sikapnya yang tidak sejalan dengan kebijakan partai dalam mengusung calon bupati. “Panmus telah melakukan pembahsaan surat yang diajukan oleh Gokar dan secara administrasi pengajuan itu memenuhi syarat,” kata Atang Setiawan, ketua Panmus.

      Ia menyebutkan salah satu alasan recall sesuai dengan tata tertib (Tatib) DPRD yang diajukan partai. “Salah satu alasan PAW adalah partai menarik anggota dari kursi DPRD,” kata Atang.

      Menurutnya, pihaknya sudah meminta sekretariat DPRD unuk membuat surat rekomendsi ke KPU. “Surat soal PAW diajukan ke KPU dan nanti KPU yang memproses dan melakukan verifikasi terhadap calon PAW dari Golkar itu,” katanya.

      Ketua Fraksi Golkar yang juga wakil ketua DPD Golkar Ismet Suparmat menyebutkan saat ini tiga calon pengganti untuk duduk di kursi DPRD sedang mempersiapkan persyaratan. “Surat pengajuan pergantian antar waktu (PAW) sudah disampaikan ke DPRD dan para pengganti saat ini sedang mengurus persyaratan administrasi,” kata Ismet, kemarin.

      Ketiga anggota Fraksi Golkar yang diberhentikan itu Barnas Komaludin, Yogi Yaman Santosa dan Yogaswara. Golkar telah mempersiapkan dan mengurus kelengkapan persyaratan bagi Jajang asal daerah pemilihan dua yang akan menggantikan Yogaswara. Kemudian Yogi Yaman Santosa diganti Taryana untuk daerah pemilihan empat dan Barnas Komaludin asal daerah pemilihan lima digantikan mantan anggota DPRD Tati Kusuma.

      Ismet menyebutkan pihaknya akan cepat mengurus persyaratan para pengganti anggota dewan yang dipecat itu. “Kami akan melakukan cepat karena masa tugas DPRD periode saat ini sampai Agustus 2009,” katanya.

      Namun, terang Ismet, soal pelantikan para pengganti ini tergantung dari keputusan gubernur. “Bisa dari kami cepat menyelesaikan persyaratan namun semua itu harus disampaikan ke gubernur. Soal apakah para pengganti ini bisa menjadi anggota dewan atau tidak tergantung dari SK yang dikeluarkan gubernur,” kata Ismet. Bisa saja oleh gubernur diprosesnya lama sehingga keburu habis masa tugas DPRD, imbuhnya.

      Namun ketiga anggota Fraksi Golkar bersama ketua Wanhat Golkar Endang Sukandar saat ini sedang mengajukan gugatan atas pemberhentian mereka ke pengadilan negeri. Mereka menilai pemberhentian itu cacat hukum dan pengadilan sendiri saat ini sedang melakukan persidangan gugatan atas SK pemberhentian mereka.

      Sementara itu DPRD telah mengirimkan surat pergantian antar waktu (PAW) tiga anggota dewan ini ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang. Ketua KPU Asep Kurnia mengatakan pihaknya telah menerima surat dari DPRD tentang PAW tiga anggota dewan dari Golkar. “Kami sudah menerima surat pengajuan PAW dari DPRD dan minggu ini mulai akan dibahas,” kata Asep.

      Asep menyebutkan pihaknya akan melakukan verifikasi ke calon anggota dewan pengganti. “Kami akan melakukan verifikasi apakah calon penganti itu memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota dewan,” kata Asep.

      Menurut Asep dari tiga calon penganti itu ada yang langsung melompat ke nomor urut enam. “Padahal di daerah pemilihan empat itu, ada empat anggota DPRD asal Golkar dan kalau terjadi pergantian maka harus ke nomor urut berikutnya yakni nomor lima tapi ini langsung melompat ke enam,” kata Asep.

Selain melakukan verifikasi calon penggantinya juga akan diperiksa kelengkapan surat  pergantian ketika anggota DPRD itu. “Kami akan melakukan verifikasi tentang dokumen-dokumen terjadinya pergantian tiga anggota dewan itu,” kata Asep. ***

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: