Bantuan Keuangan Dikucurkan

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sumedang mengelontorkan uang senilai Rp 7,48 miliar akhir Maret lalu. Alokasi dana yang dikucurkan ke masyarakat saat kampanye dan masa tenang ini mulai dari penyaluran dana Rp 1 miliar untuk keluarga miskin produktif sepekan lalu. Kemudian realisasi tunjangan fungsional tenaga pendidikan Rp 5,68 miliar, tiga hari lalu.

      Bahkan untuk mengucurkab bantuan keuangan operasional untuk RT dan RW senilai Rp 800 juta, Bank Jabar harus buka sampai Jumat malam dengan alasan melayani nasabah. “Bantuan keuangan untuk RT dan RW telah dicairkan dan diberikan melalui kepala desa. Begitu juga dengan dana bantuan bagi keluarga miskin produktif dan tunjangan fungsional guru,” kata Suhara kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda).

      Bantuan keuangan untuk RT RW itu besarnya untuk ketua RT adalah Rp 85 ribu dan ketua RW sebesar Rp 100 ribu. “Para ketua RT dan RW tadi pagi dikumpulkan di kantor desa dan diberikan uang intensif bagi ketua RT dan RW. Bagi ketua yang tak datang diantar ke rumah oleh pak kuwu,” kata seorang ketua RT asal kecamatan Darmaraja.

      Jumlah RW di Sumedang mencapai 2.050 orang sedangkan jumlah RT mencapai 8000-an. “Sebelumnya saat pembahasan APBD ada kesepakatan antara DPRD dengan Pemkab, pencairan dana bantuan itu dilakukan setelah Pilkada namun ternyata malah dilakukan saat masa tenang kampanye,” kata Nurdin Zaen sekretaris Panitia Anggaran (Panggar) DPRD yang juga anggota Fraksi PPP.

      Untuk bantuan keuangan bagi Gakin produktif yang besarnya Rp 1 miliar dikucurkan bagi 2.000 kepala keluarga (KK) miskin. Besarnya bantuan Rp 500 ribu per KK miskin dan diberikan melalui Dinas Koperasi dan UKM.

      Sedangkan tunjungan fungsional guru yang berasal dari APBN 2007 besarnya Rp 5,6 miliar untuk 8.690 tenaga guru. Namun tunjangan ini hanya diberikan setengahnya saja karena kebutuhan dana untuk tunjangan fungsional guru itu Rp 10,77 miliar. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: