Sempat Mau Jadi Daya Tarik Wisata

SEBELUMNYA aliran Sungai Cipeles yang membelah Sumedang kota ini akan dijadikan sebagai daya tarik wisata Sumedang. Bahkan para pejabat semasa Bupati Misbach pernah menjajal sungai ini.

            Para pejabat ini mencoba mengarungi arus Cipeles dengan lima buah perahu karet serta instruktur dari Boogie Bandung. Dengan susah payah mereka mendayung perahu di tengah air yang surut dan sangat minim jeram ini dari jembatan Rancapurut sampai ke irigasi Sentig di Kampung Andir, Desa Rancapurut, Sumedang Utara sejauh tiga kilomener dengan waktu tiga jam lebih.

            Bahkan sempat juga sebuah kru stasiun televisi swasta menjajal sungai ini bersama Bupati Don Murdono beberapa waktu lalu dan memasukan dalam program televisi. 

            Memang sempat dibuat dermaga untuk star di daerah Rancapurut tapi hingga sekarang gagasan itu tak menjadi kenyataan. Titik star pertama dimulai di jembatan Rancapurut dengan rumah makan Tahu Sumedang Saribumi. Kemudian dermaga kedua di jembatan daerah Dano serta terakhir di irigasi Sentig.

            Saat itu, Nunung Suratman (30) pengarung jeram dari Boogie Bandung yang menjadi instruktur menyebutkan bagi petualangan memang Cipeles itu tidak ada apa-apanya. “Debit airnya kecil selain itu hanya ada lima jeram itu juga harus ditata kembali dan secara umum Cipeles ini masuk kategori kelas II. Hanya cocok untuk arung jeram wisata keluarga saja,” katanya yang juga meminta Pemkab untuk meminimalkan limbah yang dibuang ke sungai Cipeles. Karena, kata dia, air Cipeles itu kotor oleh limbah dan menyebabkan gatal-gatal. ***

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: