Menunggu Sambil Cemas

UNTUK sementara kecemasan para peserta ujian nasional SMA, SMK dan MAN terhapuskan. Sebanyak 7.755 siswa SLTA di Sumedang selama tiga hari mengikuti UN dan ketika bel tanda tuntas ujian pada hari terakhir para peserta langsung menjerit histeris.

      “Ini untuk melepaskan ketegangan dan kecemasan selama tiga hari. Sekarang tinggak menunggu hasilnya,” kata beberapa pelajar SMAN 1 Sumedang yang teriakan histerisnya terdengar sampai ke Gedung DPRD yang memang bersebelahan.

      Secara umum, UN di Sumedang  berjalan lancar. Namun selama tiga hari digelar UN itu sempat terjadi kekagetan pada hari pertama pelaksaan UN di SMA Cimanggung. Saat berlangsung UN hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang siap dibagikan ke peserta ujian ternyata tertukar.

      Mata pelajar UN yang seharusnya Bahasa Indonesia itu tertukar dengan soal ujian Bahasa Inggris. “Panitia baru sadar ketika akan dibagikan dan dibaca ternyata mata ujian yang masih terbungkus amplop itu berisi Bahasa Inggris,” kata Agus Tuttup Humas dan juga koordinator kesekretariatan panitia UN Dinas Pendidikan (Disdik) Sumedang.

      Panitia UN itu segera menukarkan amplop itu. “Amplop masih dalam keadaan disegel dan segera ditukar. Tapi hak siswa tidak terganggu dengan adanya tertukarnya berkas soal itu maka waktu ujian ditambah,” kata Agus sambil menyebutkan saat kejadian itu ada tim pemantau independen (TPI) dan anggota polisi.

      Disdik Sumedang mencatat ada empat orang siswa SMK mengundurkan diri dan tidak ikut UN. Selain ada yang mengundurkan diri sebanyak 12 pelajar harus mengikuti UN susulan karena saat diselanggarakan UN sedang sakit. “Bagi peserta UN yang sakit maka diberi kesempatan ikut ujian susulan,” kata Agus.

      Peserta UN yang harus mengikuti ujian susulan itu lima orang dari SMA dan tujuh orang dari SMK. Pesrta UN sendiri sebanyak 4.627 pelajar SMA, SMK (2.807) dan MA (321). “Kami mengharapkan seratus persen lulus UN tapi target kelulusan tahun ini 98 persen,” kata Agus. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: