Butuh Puskesmas Rawat Inap

Anggota DPRD tenyata tak hanya lihai berstrategi dalam berpolitik dan berpendapat, namun dalam sepakbola pun jagonya bukan main. Kalau masalah ngoper, ngocek, dan nendang bola adalah kesukaan dari sebagian besar anggota dewan.             Untuk berolahraga sambil bersilaturahmi, dalam kesempatan Saba Desa ke Desa Cimanggung, Kecamatan Cimanggung, anggota dewan ini bertanding sepakbola lawan penduduk desa setempat dan para pejabat desa dan kecamatan. Rupanya, penduduk Desa Cimanggung termasuk kepala desanya tak bisa disaingi soal ketangguhannya main bola. Hasilnya berbagi angka imbang untuk tim DPRD dan Desa Cimanggung.

            “Cape, rame, asyik, kekeluargaan, dan berkeringat,” kata para pemain bola dadakan tersebut sambil ngos-ngosan.

            Setelah melepas lelah, tiba saatnya melaksanakan salah satu tugas legislatif yaitu menjaring aspirasi masyarakat. Desa Cimanggung sebagai desa yang terletak di wilayah kecamatan berbatasan dengan Bandung yang padat penduduk dengan aktitas beragam, memerlukan sebuah rumah sakit atau puskesmas dengan fasilitas rawat inap.

            Meski memang masih bisa menjangkau puskesmas rawat inap di Jatinangor, namun fasilitas kesehatan itu sangat diperlukan mengingat relatif banyak penduduk yang membutuhkannya karena kondisi kesehatan yang buruk.

           Sementara untuk sarana pendidikan, Desa Cimanggung belum memiliki SD yang mudah dijangkau oleh masyarakatnya, terutama penduduk yang tinggal di Dusun Nyalindung. Untuk menghindari ketidakefektifan dalam kegiatan belajar dan mengajar karena lokasinya yang jauh, direncanakan tahun ini SD tersebut akan dibangun.

            DPRD meninjau lokasi rencana pembangunan SD di Dusun Nyalindung untuk memastikan tempatnya strategis. Beberapa jalan desa pun tampak dalam kondisi rusak, namun untuk perbaikan jalan ini belum direncanakan untuk adanya perbaikan karena baik DPRD, pemerintah desa dan kabupaten pun harus menentukan skala prioritas dalam setiap kegiatannya.

            Wakil Ketua DPRD Agus Welianto yang hadir dalam saba desa mengatakan bahwa ada beberapa hal pembangunan fisik di wilayah desa yang merupakan kewenangan desa. “Pemerintah desalah yang harus menyusun dan merencanakan apa-apa saja yang akan dilakukan untuk desanya atau apa saja yang akan diminati bantuannya ke pemkab,” kata Agus yang menambahkan jangan sampai semua permasalahhan numpuk di tingkat kabupaten. Tidak hanya dari satu desa saja, melainkan hampir semua desa menumpahkan permasalahannya ke tingkat kabupaten.

            Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa Cimanggung beserta Camat Cimanggung. Sedangkan anggota DPRD lainnya yang hadir berjumlah 25 orang. Kegiatan saba desa kali ini juga dimanfaatkan para kelompok tani Desa Nyalindung untuk mencurahkan berbagai masalah pertanian yang dirasakan sulit terutama tidak optimalnya hasil produksi mereka akibat cuaca yang tidak menentu.

 

Vera Suciati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: