Sepakat Sehati

Pandangan Fraksi-Fraksi

SELURUH fraksi di DPRD menyetujui raperda RPJPD ditetapkan menjadi perda beserta seluruh rancangan yang tertuang dalam draft. Namun setiap fraksi juga menyebutkan beberapa catatan atau perhatian khusus yang disampaikan dalam persetujuannya.

            Fraksi Demokrat melalui juri bicaranya Otong Dartum GN SE mengibaratkan RPJPD sebagai tangga untuk mencapai posisi yang lebih tinggi. Fraksi ini meminta kecermatan dalam menganalisis potensi wilayah, kondisi, dan SDM untuk dapat berperan serta menjalankan RPJPD ini.

            Meski sudah dilakukan perencanaan yang matang, namun jika pelaksana rencana tersebut tidaklah berpegang pada aturan mainnya, maka perencanaan tersebut hanyalah sebuah barang tak berguna saja. Aturan main yang dimaksud diantaranya adalah berupa target materi dan waktu yang harus tercapai.

            Fraksi PPP melalui juru bicaranya, Dra Odah menyebutkan bahwa pihaknya masih menemukan ganjalan dalam visi misi Sumedang, namun dengan sikap menghargai dari fraksi ini, hanya harapan yang benar-benar ditujukan kepada pemerintah dan seluruh stakeholder agar dapat melaksankan pembangunan Sumedang dua tahun ke depan sesuai dengan perencanaan yang secara materi pokoknya sudah bagus. Tentunya, tak hanya harapan, melainkan disertai dengan perjuangan yang sungguh-sungguh untuk menjalankan pembangunan tersebut.

            Sementara Fraksi Golkar yang pandangannya dibacakan Edi Sunardi  menyebutkan pihaknya sependapat atas perubahan yang dilakukan pada legal drafting RPJPD. Akan tetapi, menurut fraksi ini, bagian hukum Sekretariat Daerah yang seharusnya kompeten  mengawal pembahasan raperda  khususnya dari aspek legal drafting, belum optimal melakukan tugas dan fungsinya untuk mengkaji raperda. Pihak tersebut juga kurang memiliki kesiapan dan perhatian yang memadai selama proses pembahasan.

            “Hal-hal yang menjadi perhatian khusus fraksi Golkar adalah penajaman terhadap prioritas penanganan kemiskinan, pengangguran, infrastruktur, dan lingkungan hidup,” kata Edi.

            Fraksi PKS sependapat dengan fraksi dan pansus untuk menyepakati penetapan RPJPD ini. Fraksi ini mengajakn kepada seluruh masyarakat Sumedang untuk bekerja keras mewujudkan visi misi Sumedang. Disinilah gunanya RPJPD sebagai pembimbing dalam mewujudkan tujuan Kab. Sumedang karena keadaan masa depan sangatlah tidak bisa diprediksi, untuk itulah diperlukan perencanaan pembangunan untuk mengurangi berbagai kesalahan langkah dalam pembangunan.

            Fraksi PDIP sama halnya dengan fraksi lainnya yang menyetujui penetapan RPJPD. Fraksi ini memberi perhatian khusus pada misi untuk mewujudkan masyarakat madani yang berpendidikan dan berpola hidup sehat. Untuk mencapai tujuan ini, Fraksi PDIP berharap agar pemerintah mampu meningkatkan pelayanan kesehatan setelah dikeluarkannya kebijakan pelayanan gratis. Pelayanan ini kedepannya mampu diterapkan di tingkat pelayanan yang lebih tinggi seperti di RSU.

            Sementara untuk meningkatkan masyarakat dalam kesetaraan gender, fraksi ini mengharapkan bahwa kaum perempuan dapat lebih aktif dan kreatif lagi berperan serta dalam pembangunan. Apalagi, salah satu prediksi dalam RPJPD disebutkan bahwa jumlah penduduk perempuan padatahun 2020 akan lebih banyak daripada laki-laki. Hal ini membuka peluang yang cukup besar bagi kiprah kaum perempuan.

 

Vera Suciati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: