Sehati

RENCANA Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang diajukan eksekutif telah disepakati DPRD. Rentang waktu pembangunan 2005-2025 telah disusun mulai dari visi, misi, arah sampai sasaran yang harus dicapai dalam jangka waktu tersebut.

            Pembahasan RPJPD ini cukup alot dibahas di DPRD. Ajuan yang disampaikan eksekutif ada penambahan dan koreksi dari panitia khusus (Pansus) RPJPD. Dalam matrik RPJPD terlihat mana saja yang mendapat penambahan yakni yang menggunakan cetak merah adalah penambahan dari DPRD ketika dilakukan pembahasan.           

            Sidang Pembaca, edisi kali ini kami mengupas tuntas soal RPJPD ini. Sampai tahun 2005 nanti, Pemkab Sumedang sudah mempunyai rencana pembangunan jangka panjang. Ini semacam kisi-kisi tentang apa saja yang harus dilakukan untuk menjabarkan visi misi itu. Penjabaran dilakukan dalam sasaran, pencaipaian visi misi kemudian arahnya bagaimana serta tahapan dan prioritas dalam pelaksanaan RPJPD ini.

            Kini, visi Sumedang menjadi sejahtera, agamis dan demokratis pada tahun 2025. Untuk lebih gampangnya disingkat menjadi Sumedang Sehati.

            RPJPD ini menjadi panduan dan bahan dasar bagi para calon bupati dalam penyusunan visi dan misi yang menjadi syarat pencalonan dan akan disampaikan dalam sidang paripurna DPRD pada hari pertama kampanye.

            Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati juga sudah diserahkan ke DPRD. Saat ini DPRD sedang bekerja membahas LKPj yang dilaporkan bupati. Dalam laporannya itu,  APBD tahun 2007 masih berorientasi kepada pelayanan pemerintahan dalam rangka menunjang sektor publik. Artinya APBD masih untuk sektor belanja aparatur pemerintahan.

            Pembaca, banyak warisan budaya dan adat yang sekarang ini tak menjadi cermin. Bahkan tergilas oleh roda perubahan zaman. Untuk ketahanan pangan, misalnya, di perkampungan banyak ditemukan Leuit tapi kini gudang padi itu sangat jarang ada. Yang tersisa mungkin berada di Ujungjaya. Disana masih tersisa hampir seribuan leuit, namun sayang gudang padi itu banyak yang kosong bahkan menjadi barang antik dan diburu kolektor. Soal leuit itu kami sajikan pada edisi kali ini.

            Selain itu beberapa tulisan khas kami sajikan ke ruang sidang pembaca. Termasuk dibangunnya pabrik keju pertama di Indonesia yang berada di Tanjungsari dan diresmikan Gubernur Danny Setiawan. Selain meresmikan soal pabrik keju yang berada di sentra peternakan sapi perah juga diresmikan desa mandiri energi di Desa Haurngombong, Kecamatan Pamulihan. Soal pabrik keju dan sumber energi dari kotoran sapi atau dikenal dengan bio gas kami kupas.

           

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: